Senin, 08 Agustus 2011

LPP SM IKM FKUI

Lembaga Pengkajian dan Penelitian FKUI merupakan badan kelengkapan legal yang berada di bawah Senat Mahasiswa SM IKMFKUI. Badan kemahasiswaan yang satu ini bergerak dalam bidang keilmiahan, sesuai dengan visinya yang ingin menciptakan atmosfir ilmiah di kampus.

Organogram LPP terdiri atas Ketua Umum dan enam Divisi. Untuk kepengurusan tahun ini, jabatan Ketua Umum dipegang oleh Fahmi Rusnanta, FKUI 2008. Enam divisi yang dibawahinya ialah Divisi Sekretaris, Divisi Bendahara, Divisi Pengembangan Anggota Biasa (PAB), Divisi Ilmiah, Divisi Informasi dan Hubungan Interpersonel (Dividi), dan Divisi Kaderisasi (Diversi). Enam divisi ini bergerak masing-masing dan terkait satu sama lain.

Divisi Sekretaris: KINCLONG!

Sesuai dengan jargonnya, divisi ini dibentuk sebagai juru kesekretariatan yang memastikan LPP selalu dalam kondisi terawat, aman, dan nyaman, serta menfasilitasi LPP dalam urusan surat-menyurat.

Divisi Bendahara: CRAZY FOR MONEY!

Divisi ini bertugas mengelola keuangan LPP. Mencari pemasukan yang sebesar-besarnya, melalui kas dan pengembangan dana usaha, juga mengatur arus keluar masuk uang. LPP juga menyediakan jasa peminjaman LCD.

Divisi Pengembangan Anggota Biasa: LEADER!

Program kerja divisi yang satu ini cukup banyak, terbagi menjadi tiga sub divisi: pelatihan klinis, evaluasi kemampuan dasar, serta evaluasi kehadiran dan kompetensi anggota biasa. Proker-proker yang dijalankan divisi PAB bertujuan untuk mencerdaskan anggota biasa, kemudian mengevaluasinya dalam bentuk ujian angbi. Selain itu, ada beragam proker yang dibuka untuk semua civitas akademika FKUI. Pelatihan Evidence Based Medicine, Pelatihan SPSS, Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian, Pelatihan Pembuatan Jurnal dan Poster Ilmiah, serta Pelatihan Value Based Medicine.

Modul EBM akan dilalui saat klinik. LPP menyediakan fasilitas pelatihan EBM bagi mahasiswa preklinik yang ingin mengetahui seluk-belum EBM lebih awal. LPP juga menyediakan pelatihan penelitian, mulai dari pembuatan proposal, pengolahan data, hingga publikasi ke masyarakat, dengan pembicara yang handal dan ahli di bidangnya. Tentunya akan sangat berguna bagi semua mahasiswa yang akan, sedang, dan hampir merampungkan riset kelompoknya. Yang tak kalah menarik lagi, LPP juga menyediakan fasilitas konsultasi riset bagi kelompok penelitian atau mahasiswa yang membutuhkan. Jadi, jangan ragu lagi jika butuh bimbingan dari sesama mahasiswa.

Divisi PAB juga akan mengevaluasi kemampuan dasar, kehadiran, serta kompetensi angbi. Salah satunya dinilai berdasarkan hasil ujian kompetensi angbi LPP yang disesuaikan dengan materi-materi yang telah diberikan. Ujian ini dianggap sebagai momen “Sumatif”-nya LPP.

Divisi Ilmiah: HEBATT!

Divisi ilmiah merupakan jantungnya LPP. Dari divisi ini, hawa-hawa keilmiahan dimunculkan, melalui program kerjanya yang sangat ilmiah. Di antaranya adalah fokus ilmiah, pembuatan Bundle of HIS, diskusi dan pleno EBM, science walk, science corner, dan science meet. Divisi ilmiah mewajibkan semua divisi membuat karya ilmiah dengan target poin yang telah ditentukan untuk masing-masing divisi. Fokus ilmiah dapat berupa pembuatan karya tulis, artikel ilmiah, ataupun penelitian. Semua karya yang berhasil diciptakan oleh anggota biasa LPP dalam satu kepengurusan akan dijilid menjadi satu dalam Bundle of HIS. Angbi juga dituntut untuk menguasai EBM melalui diskusi per divisi, dilanjutkan dengan presentasi pleno EBM yang diadakan tiga kali dalam setahun kepengurusan.

Divisi Informasi dan Hubungan Interpersonel: CONNECTING SCIENCE!

Divisi ini akrab disebut Dividi, bekerja dalam lingkup internal dan eksternal LPP. Bertujuan untuk mempererat rasa kekeluargaan antar sesama anggota biasa LPP dan menjalin hubungan kerjasama dengan lembaga ilmiah universitas lain serta pihak-pihak yang terkait dengan keilmiahan. Anggota biasa dapat mengakses berbagai situs jurnal ilmiah, serta mengakses berbagai kompetisi ilmiah melalui peran divisi yang satu ini.

Divisi Kaderisasi: INSPIRATIF!

Hampir di setiap badan mahasiswa, kaderisasi menjadi divisi yang paling eksis dan bergengsi. Seperti Diversi, divisi yang tugasnya mengkader anggota muda LPP sebaik mungkin. Kaderisasi LPP SM IKM FKUI berjalan selama hampir 1 tahun, mulai dari pendaftaran hingga pelantikan pada saat Musyawarah Besar (Mubes) LPP. Semua acara kaderisasi melibatkan semua anggota biasa LPP, khususnya anggota divisi kaderisasi. Mulai dari Pesta Perkenalan (Peper), pendidikan dasar mengenai pembuatan artikel ilmiah, pembuatan polling dan poster ilmiah, pelatihan dasar teknik presentasi, pembuatan karya tulis ilmiah, dan berbagai rentetan agenda lainnya. Dua even terbesar dan cukup menegangkan adalah pembuatan polling ilmiah dan karya tulis, dari sanalah jiwa-jiwa peneliti para anggora muda (angmud) diasah, hingga dapat menghasilkan suatu karya yang berguna bagi nusa dan bangsa. Karya tulis yang telah dibuat dapat diikutsertakan dalam kompetisi ilmiah atau dipublikasikan.

Sesuai dengan namanya, mengkaji dan meneliti adalah 2 pilar utama organisasi ini. Secara aktif, LPP SM IKM FKUI juga menyelenggarakan berbagai acara berskala lokal hingga regional, di antaranya Forum Ilmiah, berbagai Diskusi Ilmiah, dan Liga Medika Sains. LPP juga aktif dalam keilmiahan nasional, dengan menjadi pemegang tender Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kedokteran Indonesia (JIMKI). Berbagai penelitian yang dilakukan dan kompetisi yang diikuti akan menjadi peluang besar dalam mewujudkan cita-cita LPP untuk go international. Anggota biasa LPP pun bersemangat membawa nama LPP ke kancah regional, nasional, dan internasional.

LPP tidak pernah absen mengirimkan delegasinya dalam acara Temu Ilmiah Nasional (TEMILNAS) yang rutin diadakan tiap tahun. Tahun ini untuk pertama kalinya, LPP akan menjalankan penelitian konstitusional berskala lokal, regional, dan nasional. Apa lagi kejutan dari LPP? Kita tunggu saja. LPP 2011: FOR A BETTER SCIENCE!

Ditulis untuk dimuat dalam Koran Kampus FKUI: topik seputar intrakampus. Saat ini, saya terdaftar sebagai anggota Divisi Sekretaris LPP SM IKM FKUI. LPP, prioritas kedua saya setelah FSI SM IKM FKUI. J

1 komentar:

canty mengatakan...

selamat sore mbak. saya senang sekali membaca postingan mbak yang buat adik dan ayah atau lebih tepatnya untuk keluarga mbak. jujur, saat ini saya bimbang untuk menentukan pilihan yang tepat buat masa depan saya. sekarang saya sudah kelas 12. jika ada waktu, silakan mbak jalan2 ke blog ndeso saya : http://chacangrace.blospot.com

makasih dan salam sukses mbak!

Posting Komentar