Senin, 11 Maret 2013

Yuk, Perbaiki Diri


Bismillahirrohmanirrohim.. J
Sebagai seorang pribadi yang tak luput dari kesalahan, tentunya kita ingin agar setiap jejak kesalahan dan kekesalan dapat dijadikan bekal pelajaran untuk ke depannya. Semakin banyak dosa yang kita perbuat dan kelalaian yang tak sengaja diperbuat, akan menjadi motivasi penuh untuk terus berbenah.
1. Usahakan untuk selalu berpikiran positif.
Dalam melakukan sesuatu, adalah penting untuk berpikiran positif. Dalam tatapan mata yang optimis, kita akan menatap masa depan yang cerah. Optimis membuat kita mampu melewati berbagai tantangan, seberat apapun itu. Berpikiran positif ini erat pula kaitannya dengan prasangka baik. Ketika kita berusaha untuk terus berkhusnuzon terhadap apa yang terjadi pada diri kita, maupun berkhusnuzon terhadap mimpi-mimpi kita, tentunya Allah akan menguraikan hikmah dan makna dengan cara yang tiada terkira.
Berpikir positif juga mampu membuat kita jauh dari sifat-sifat yang negatif, seperti benci, iri, marah, dan kawan-kawannya. Maka, berpikirlah positif di setiap saat.
2. Mencoba untuk tabah, hindari untuk mengeluh.
Mengeluh hanyalah sesuatu yang menyebabkan kita loyo, tak bersemangat. Dalam menghadapi kegagalan, terus berpikiran positif dan terus tabah. Dengan mengeluh, tak akan menyebabkan kegagalan menjadi kesuksesan. Malah bisa jadi, kita semakin terperosok jauh dalam permasalahan yang ada. Terus bangun, jika kita jatuh.
Setinggi apapun harapan dan keinginan kita, jangan pernah lupa untuk menyiapkan ruang kegagalan sesempit apapun. Di ruang kegagalan itu, insyaAllah kita bisa merenung mengapa ikhtiar kita belum mencapai kata ‘berhasil’.
3. Biasakan untuk konsisten.
Pengaturan jadwal adalah sesuatu yang penting di dalam kehidupan ini, baik itu jadwal harian, bulanan bahkan tahunan. Cobalah untuk selalu disiplin dalam mentaati jadwal yg telah kita susun. Biasakan untuk menuliskan targetan hidup kita, lalu tuntaskan satu per satu. Jangan ada kata menunda-nunda.
Sebagai seorang muslim, tentu kita tahu bahwa Islam mengajarkan untuk selalu istiqomah dalam menjalani segala aktivitasnya. Istiqomah di sini artinya konsisten. Konsisten dalam beribadah, beramal, belajar, serta dalam menjalankan peran kita sebagai seorang mahasiswa dengan segudang agenda. Rasullah SAW pernah didatangi oleh seorang lelaki, kemudian lelaki itu bertanya: "Wahai Rasulullah, katakanlah kepadaku satu ungkapan tentang Islam, yang saya tidak memintanya kepada seorang pun kecuali kepadamu." Rasullah SAW bersabda "Katakanlah, ‘Aku beriman kepada Allah, kemudian istiqomahlah’". (HR. Muslim)
4. Fokus terhadap apa yang sedang dikerjakan
Fokus di sini artinya terpusat, tak terbelah-belah atau terpisah-pisah. Usahakan konsentrasi pada sesuatu hal, untuk menjadi pribadi yang profesional. Saatnya bekerja kita bekerja, saatnya belajar kita belajar, saatnya makan kita makan. Semua ada waktunya. Pun jika kita merasa punya bakat ‘multitasking’, cobalah untuk fokus terhadap setiap tugas atau amanah yang diemban.
InsyaAllah terpenuhi semua aktivitas dan kebutuhan kita jika kita fokus dengan apa yang kita kerjakan. Fokus juga akan memberikan hasil yang luar biasa karena kita berusaha dengan sebaik-baiknya, terlebih lagi jika kita mengikutsertakan hati dan pikiran dalam perbuatan.
5. Terbuka kepada orang terdekat
Nah, ini yang terakhir. Cobalah untuk selalu terbuka. Biar bagaimanapun, yang bisa menilai kita adalah orang lain. Kita butuh masukan positif dan negatif untuk terus memperbaiki diri. Sampaikan setiap kisah suka dan duka kepada ibu, ayah, saudara, serta sahabat-sahabat tercinta.
Ingatlah bahwa, kabar bahagia akan semakin merekah indahnya jika dibagi. Biar bagaimanapun, membuat orang lain tersenyum senang karena kita, akan menjadikan hidup kita terasa lebih bermakna. Kalau kabarnya sedih gimana? Ya, itulah saatnya kita butuh tempat untuk saling bertukar pikiran serta saling berkaca. Kita butuh sudut pandang orang ketiga dalam melihat masalah-masalah yang ada, agar semakin bijak dalam mencari jalan keluarnya.
-oo-
Itulah tips and triks yang mungkin berguna bagi kita untuk terus memperbaiki diri. Semoga bermanfaat. J

0 komentar:

Posting Komentar